Rabu, 23 September 2020

Pembatik Level 4 (Berbagi) 2020

 Assalamualaikum warrohmatullahi wa barhokatuh



Berbagi cerita tentang perjalanan saya mengikuti PembaTik 2020

PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Manfaat Mengikuti PembaTIK

  • Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
  • Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
  • Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar
Jujur saya mengikuti PembaTIK semata hanya untuk menambah wawasan saya terkait pembelajaran TIK, Level demi level saya ikuti dengan sepenuh hati dengan berangkat dari nol. 
Saya belum banyak memiliki media pembelajaran berbasis TIK, apalagi video pembelajaran, ada sih dua video pembelajaran saya itu pun produk dari hasil diklat (sebelum pembaTik). 

Saya akui saya terkadang bisa bekerja karena deadline, rasa pemalas saya ini yang ingin saya taklukkan dengan mengikuti diklat-diklat online, yang mengharuskan saya menyelesaikan tugas. Namun jika ada waktu saya lupa diri untuk membuat media, video pembelajaran atau tulisan misalnya. Kekurangan saya yaitu rasa malas, atau kurang kesadaran tuk berkreasi juga kali ya.

Mengikuti PembaTIK 2020 jelas yang menjadi target saya adalah terwujudnya produk. Semua level saya jalani dengan sepenuh hati dan bersungguh-sungguh. 

Level 1 (literasi) meski saya sudah merasa berusaha namun nilai saya peroleh dari hasil ujian online dan tugas hanya sedikit saja diatas kkm (70) yaitu 78. Alhamdulillah literasi saya sebegitu.

Level 2 (Implementasi) di level ini juga saya medapatkan pengalaman baru membuat vlog di youtube. Bukan hal mudah untuk membuat sesuatu yang baru dipelajari. Ini video vlog saya tentang praktik baik di masa pandemi covid 19. Sila ditonton video ku, tapi harap dimaklumi saja segala kekurangan, kerena video ini pun saya buat dengan cukup kerja keras.



Alhamdulillah produk selesai, artinya ada karya saya di level 2 ini, dan bersyukur sekali saya mendapatkan nilai 83,2 dari pembobotan 60% nilai tugas  (90) dan 40% nilai ujian akhir diklat (73). Dua level telah kulalui dengan penuh was was, melihat peserta lain luar biasa banget kemampuannya. Saya cenderung gag yakin dengan karya sama, minder banget liat yang lain. Dengan kelulusan ini berarti saya harus lanjut ke level 3 yang pastinya level yang semakin sulit tingkat kesukarannya. 

Level 3 (kreasi). Pada level ini peserta mendapat tugas untuk membuat video pembelajaran atau Media Pembelajaran Interaktif (MPI). Saya memilih untuk berkreasi dengan MPI. Sudah pasti MPI itu adalah hal baru bagi diriku. Perjuangan MPI sangat lah lumayan berat, cukup membuat kepalaku serasa panas, lembur hampir tiap malam untuk menyelesaikannya, karena waktu yang diberikan sangatlah sempit bagiku, hampir saya menyerah, MPI ku loadingnya terasa berat. tiap hari aku berusaha supaya MPI ku bisa berjalan lancar dan tidak berat dengan menghapus beberapa elemen yang mungkin memberatkan. Waktu pun semakin mendekati batas, MPI ku masih lambat juga... Apakah saya harus berhenti sampe di sini?... ooohhh ternyata webnya simpatik mengalami mantenance, web tidak dapat dibuka sampai beberapa minggu. Terus terang saya justru bersyukur dengan keadaan itu, artinya saya masih diberi kesempatan lagi tuk memperbaiki sampai baik. Ternyata Alloh Maha Baik, mengizinkan saya untuk terus berusaha menyelesaikan MPI ku. Terimakasih ya Alloh. di ujung waktu pun akhirnya MPI saya kumpulkan. Saya pun berdoa mudah-mudahan MPI kubisa dibuka dan berjalan lancar sehingga bisa dinilai oleh para team penilai. 

Cukup lama juga penantian ku menunggu pengumuman kelulusan. Dan............

tibalah pengumuman level 3. Alhamdulillah aku lulus juga ... bagiku sudah cukuplah sampe dilevel ini. Lulus di level 3 sudah merupakan anugerah yang luar biasa. 

Di Sumatera Utara yang lulus level 3 ada 99 orang, dan akan diambil 30 orang terbaik untuk melanjutkan level 4. Wow ... sama sekali saya tidak yakin bisa ada di 30 besar, karena itu tadi saya intip karya teman-teman bagus bagus banget, sekali lagi saya minder seminder mindernya.

Tapi... tiba-tiba di WA saya terbaca Grup Level 4 Pembatik 2020, WOW diluar ekpektasi saya, saya langsung bertanya dengan duta "Kamila Harahap" Rumah Belajar untuk mencari penguatan, dan beliau menyatakan selamat saya masuk level 4. Alhamdulillah diberi kesempatan lagi di level yang lebih tinggi. Pekerjaan saya belom selesai ternyata, terus diberi tantangan.

Oh iya ini adalah MPI ku, sila ditonton yaa

https://wqvwbnmfzeqqz6ivmze4ra-on.drv.tw/Math%20Kelas%207%20hubungan%20sdt%20dan%20garis%20-%20Storyline%20output/story_html5.html


Level 4 (berbagi). Berada di level berbagi merupakan level yang lagi lagi menjadi hal baru bagi saya. Hal yang tersulit adalah dengan membiasakan membagi dengan plus kemampuan menulis tentunya. Menulis adalah hal tersulit bagi saya. Saya bener-bener tidak mampu merangkai kata-kata menjadi apik. Saya terbiasa dengan menyampaikan hal-hal to the point aja. Sekali lagi berada di level ini adalah harus menaklukkan diri saya sendiri untuk mampu berbagi dengan berbagai teknik berbagi yang baik. Banyak PR untuk diri sendiri dahulu saya selesaikan. Ya Alloh mudahkanlah saya dalam menyerap dan mengaplikasikan tugas ini, agar saya dapat menjadi guru yang lebih baik. Bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitar. AAmiin. 

Location: North Sumatra, Indonesia

19 komentar:

  1. Keren Bu Endang. Tetap semangat. Semoga sukses ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih yabu Yenny... aq bener2 sulit merangkai kata bu yenny.
      Sukses juga tuk bu Yenny

      Hapus
  2. Mantap Bu Endang, semangat 💪

    BalasHapus
  3. bagus blognya bu. tetap semangat ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak pak, semangat yang sama juga tuk bapak yaaa

      Hapus
  4. Balasan
    1. Masih belibet pak dalam mebagi artikel. Perlahanlah seiring waktu moga saya mampu

      Hapus
  5. Sukses ya bu e...sangat insfiratif

    BalasHapus
  6. Mantap bu sukses selalu 👍🏻😊

    BalasHapus
  7. mantap kawan, moga sukses slalu, Amin YRA....

    BalasHapus